Jujur

X : batu apa yang gak bohong?
Y : ummm.... gak tau...
X : batu jujur
Y : ....??#!? *dongdong...
Ehmmm... sepertinya setiap postingan saya selalu sangat lama sekali munculnya. Bukan karena saya tidak peduli pada blog ini, tapi ketiadaan waktu untuk membuka blog ini dan meng-update-nya (itu sama aja kayak tidak peduli). Untunglah, hari ini, berbekal semangat dan sepiring nasi padang, saya bisa meng-update ini blog. Silahkan dinikmati tulisan saya ini....


JUJUR. Kata tersebut sangat sering sekali digunakan untuk mendeskripsikan bahwa seseorang itu tidak suka bohong, atau selalu berkata benar sesuai dengan yang terjadi. Kita sering lupa kalau jujur itu merupakan sifat orang yang baik, dan tidak hanya terbatas pada ucapan atau yg dikatakan orang itu saja.
Sebagai contoh, jika ada seorang yang sangat jahat, setiap hari dia mencopet, merampok, memukuli anak orang, bahkan (maaf) membuang sampah sembarangan, terus dia pulang dan bilang ke teman2nya tentang hal2 yg dia lakukan. Apa lantas temannya akan berkata “saya bangga Bro, kamu orang yang sangat jujur..” (sambil menepuk bahunya dengan tatapan haru). Saya pikir tidak akan seperti itu.
Dan kalau kita nonton TV (bagi yg punya) atau membaca Koran (bagi yg bisa baca), biasanya ada berita yang berjudul “akhirnya si X mengaku bahwa dia korupsi” atau “Pembunuh itu mengakui kesalahannya”, namun tidak pernah ada judul berita “si X, pelaku korupsi adalah orang yang jujur” atau “Pembunuh yang jujur”. Ada yg tahu kenapa? Ada yg tahu? Silahkan angkat tangan kalo ada yg tahu ? Yak, yg paling belakang mungkin tahu... atau yg sampingnya...
Ok lanjut. Jawaban dari pertanyaan tadi adalah karena tindakan yang dilakukannya itu adalah hal yg tidak baik. Jadi tidak tepat jika kita menyebutnya sebagai orang yg jujur.
Jadi jujur itu bukan pada perkataan, tapi ada pada perilaku yang baik. Jujur merupakan hal yang ditunjukkan dengan tingkah laku dan ucapan kita. Karena itu biasanya di kolom2 lowongan pekerjaan, tertera syarat selain berpenampilan menarik, usia 20-25, ada juga syarat harus “jujur”. Lihat kan, sebegitu pentingnya “jujur” itu.
Saat ini, kata beberapa orang, “jujur” telah menjadi barang langka. Sangat sulit menemukan orang yang mempunyai sikap “jujur”. Kenapa saya sebut ‘sikap’? Karena kejujuran itu baru ketahuan ketika kita berbuat. Ketika kita berkata benar, kita disebut jujur. Ketika kita berlaku adil, kita disebut jujur. Jadi jujur itu bukan ‘sifat’, tapi merupakan ‘sikap’.
Saat ini, sepertinya semua orang pasti pernah berbohong. Terkecuali saya (nah ini bohong). Saya selalu jujur (bohong lagi). Saya tidak pernah berbohong (bohong lagi). Sejujurnya, kemarin saya habis mengantar pak SBY pijat di tempat Mbok Santi (sangat luar biasa jelas sekali bohongnya). Ok, cukup, daripada dosa saya terus bertambah.
Sebelum saya akhiri postingan ini, ijinkanlah saya untuk berkata jujur sekali saja di postingan ini. OK! Siap! Inilah dia, akhirnya kata2 jujur dari saya. Jeng jeng... *backsound.
“Saya ganteng”
....
*nb: tolong jangan rajam saya


Seorang seniman yang tidak terkenal di zamannya pernah berkata,


“Jujur itu mudah, kalau kau mau”

Terima kasih saya ucapkan kepada 'nasi padang' yg telah menemani saya menulis ini..

29 komen:

  1. Mood mengatakan...
  2. Jujur saya setuju dengan yang tertulis diatas. cuma saya mungkin jujur kalo bilang kamu ganteng :P

  3. iam mengatakan...
  4. Yang terakhir kayaknya nggak jujur nih .
    Hehe piss sob :p

  5. Muhammad A Vip mengatakan...
  6. kejujuran anda cukup memukau, sayang tak bisa saya ikuti...

  7. adin mengatakan...
  8. setuju sama bahasannya, tapi ragu sama ending artikel ini :D

  9. Sya mengatakan...
  10. Suka tulisan kamu. Nasi padang yang mantab, bisa bikin orang kreatif. Tapi kayaknya kamu makan nasi padangnya kebanyakan sampai mabok dan mengaku ganteng. Hahahaha

  11. SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...
  12. haha ada-ada saja batu jujur

  13. jumialely mengatakan...
  14. jujur ... deh akhh aku senang kamu mampir di rumahku

    denggg dengggg nasi padang pake dendeng

  15. TUKANG CoLoNG mengatakan...
  16. btw, kamu ga bisa mobile blogging, jadi pas senggang dan lagi ada ide bisa post via hape kan..(:

  17. Lozz Akbar mengatakan...
  18. ya jelas jujur ganteng wong lelaki kok.. lah kalau anda bilang cantik.. tu mah bukan jujur tapi hancuuurrr hahahah

  19. Achmad Edi Goenawan mengatakan...
  20. Jujur, saya saat ini ingin makan masakan padang! Pasti mak nyuusss!

  21. Hani mengatakan...
  22. Jujur...saya suka sekali Jujur..entah itu Jujur kacang ijo maupun Jujur ayam...saya bicara bubur lho :lol:

  23. secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...
  24. aduh...

    kok muaranya kesana...
    -.-"

  25. aryadevi sudut kelas mengatakan...
  26. iya saya juga ganteng ini jujur juga ^___^....jujur yang menyenangkan...kalau yang tidak menyenangkan?....

  27. kumpulan hot threads kaskus mengatakan...
  28. salam ganteng.... wakakkaka :D

  29. Usup Supriyadi mengatakan...
  30. untuk yang satu ini. rupanya beda tipis antara jujur dan dusta. apalagi saya tidak melihat realitas rupanya. jadi, berimajinasi saja tak terlaru bisa. apa mungkin batu itu ganteng?

    ha ha ha

    paling bantar juga bersih, tak ada debunya, atau berlogak karena tergerus derasnya air. ckckkck

  31. catatan kecilku mengatakan...
  32. OMG... kejujurannya yang muncul di bawah itu membuatku pening... hahahaha

  33. the other mengatakan...
  34. Aku kadang emang terpaksa harus berbohong... hehehe *ini jujur lho ya*

  35. Place to Study mengatakan...
  36. Eh, siapa yg ganteng... ? *bingung*

  37. jejak langkahku mengatakan...
  38. Makan nasi padang itu jujur atau bohong ya...? :p

  39. mila mengatakan...
  40. Jujur juga ma yang laen :)

    mav baru sempat kunjugan balik,heheh....sukses selalu yah :)

  41. Firaun NgebLoG mengatakan...
  42. kejujuran itu harus ideantik dengan kebaikan. dan biasanya yg menghalangi orang untuk jujur karena yg dilakukannya adalah sesuatu yg tidak baik!

  43. Madzhab Bisnis OnLine mengatakan...
  44. jujur saya setuju dengan komentarnya Firaun NgebLoG :D hehehe

  45. doshin mengatakan...
  46. Orang yg gak jujur gak pantas nulis tentang Jujur.
    :D

    Klik di sini pasti lebih baik.

  47. 'Ne mengatakan...
  48. hehe kamu lucu ya :-D

    tapi saya setuju dengan tulisanmu di atas, jujur itu adalah sebuah sikap..

    saya percaya kamu ganteng :-D (dan saya bohong)

  49. Batu mengatakan...
  50. @Tukang Colong : hp saya jadul gak bisa mobile blogging...
    @semua : pliss percaya kalo saya ganteng... *mengiba

  51. Anonim mengatakan...
  52. anda perlu berkenalan dengan teman saya !

    namanya Husni!

    barangkali anda bahkan sudah lama mengenal nya
    karna dia juga termasuk orang (yg merasa) ganteng!

    sempat pula ia menyombongkan bahwasanya
    ia bahkan telah menggenggam lisensi
    "kegantengan" dr SNI yg kejujuran nya patut diragukan!

    :NGAKAK: :DD

  53. Ra mengatakan...
  54. oke, 'kejujuran' anda di bagian akhir postingan ini...ehem, entahlah...saya pasrah (¯―¯٥)

    *halaaah

  55. BAliMOz mengatakan...
  56. Sapi apa yang jujur? sapijujur hehe...

  57. Dihas Enrico mengatakan...
  58. siapa berani jujur...??
    :P

Silahkan Komen